Memprediksi Masa Subur Dengan Suhu Basal Tubuh

suhu basal tubuh
Jika kamu ingin mengetahui kapan kamu sedang dalam masa subur, ada beberapa cara mudah untuk menentukan masa subur. Kamu bisa menggunakan alat yang banyak dijual di apotik atau bisa dengan perhitungan sendiri yaitu memperhatikan suhu basal tubuh atau Body Basal Temperature (BBT) dan lendir serviks kamu. 

BBT yaitu suhu tubuh terendah dalam rentang waktu 24 jam dan waktu yang terbaik untuk mengukurnya adalah saat kamu pertama kali bangun di pagi hari. Dan Termometer basal diperlukan karena jenis termometer ini bisa menunjukkan perubahan derajat, kemudian lakukan pengukuran BBT setiap pagi pada jam yang sama.
suhu basal tubuh
Setelah selesai mengukur BBT, kamu catat suhu basal tubuh, dan dari catatan setiap hari tersebut akan terbentuk pola tubuh kamu. Umumnya sebelum ovulasi, BBT berkisar antara 36,2 hingga 36,5 derajat Celcius. Tetapi pada dua atau tiga hari setelah ovulasi.

Akan terjadi perubahan hormonal sehingga meningkat 0,4-1 derajat  sampai waktu menstruasi berikutnya. Kamu bisa memperhatikan suhu naik turun setelah berhubungan intim, tetapi jika suhu tidak naik berarti belum hamil, karena jika sedang hamil, suhu tubuh akan meningkat. 

Memperhatikan Lendir Serviks

Mungkin kamu kesulitan memprediksi masa subur lewat chart BBT, tetapi kamu bisa mencoba cara lain yakni dengan mengamati lendir serviks kamu. Kamu akan mengetahui perbedaan jumlah, warna, maupun tekstur lendir serviks dalam siklus haid kamu yang diakibatkan oleh naik turunnya kadar hormon. Dan dengan memperhatikan lendir serviks dan mencatat perubahan-perubahannya, kamu akan bisa mengetahui kapan suhu basal tubuh kamu.

Disaat kamu haid tentu yang keluar adalah darah menstruasi, dan ketika haid berhenti, biasanya daerah kewanitaan kamu terasa kering selama beberapa hari. Kemudian lendir serviks akan mulai keluar yang diawali dengan lendir berwarna putih kental dan apabila ditarik sedikit memanjang dan lengket. Tetapi jika dites dengan jari, lendir tersebut mudah pecah, dan pada masa ini ada kemungkinan hamil namun belum besar. 

Dan saat akan menjelang ovulasi (sekitar 2-3 hari sebelumnya), maka lendir menjadi lebih bening dan licin seperti putih telur mentah yang jumlahnya makin banyak. Ini pertanda masa puncak masa subur karena dengan kualitas lendir yang bening dan licin sperma mudah mendekati sel telur. 

Komentar