Saat Si Kecil Menjadi Picky Eater

menu makan sehat
Di Indonesia, yang namanya nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Bahkan, ada anekdot yang mengatakan jika tidak makan nasi berarti belum makan meski sudah mengkonsumsi roti atau lainnya. Di hampir setiap rumah, mereka menyajikan lauk pauk dengan nasi yang dimakan bersama baik orang tua dan anak. Maka tak heran, jika ternyata si kecil kurang begitu suka atau menolak untuk makan nasi maka rasa gelisah dan bingung pun akan muncul. 

Tentu, kalau sudah begini bunda harus menyiapkan menu makan sehat yang menggunakan nasi harus diolah sedemikian rupa. Apa saja yang bisa bunda lakukan? Pernah mendengar resep nasi goreng atau nasi merah tomat? Yup, resep sederhana ini sebenarnya memadupadankan antara sayur, ikan dan nasi yang diolah sedemikian rupa sehingga menciptakan rasa baru. 

(source:https://lemonilo.imgix.net/article/978a36012287711c69c7ab4444d9118d.jpeg?w=696&auto=format&q=50)

Terkadang, si kecil kurang begitu suka dengan nasi putih namun bila ditambahi bumbu special seperti daging atau lainnya maka rasanya jauh lebih lezat dan cocok di lidah mereka. Bunda bisa mencari resep menu makan sehat di berbagai sumber khususnya media online yang berisikan tips yang sederhana. Disebut demikian karena hanya menggunakan bahan yang mudah didapat serta kandungan gizinya juga tinggi.

Selain itu, penyajian yang menarik bisa membuat si kecil mau menikmati hidangan nasi dengan semangat. Masih ingat model bekal makanan khas Jepang atau istilahnya bento? Nah, bunda bisa berkreasi untuk membuat bentuk nasi yang unik dan menarik dengan menggunakan alat khusus. 

Adapun alat ini bisa didapat dengan mudah karena toko yang menjualnya baik lokal maupun online menawarkan model terbaru. Agar tampilan semakin unik, tambahkan dengan beberapa hiasan kecil dari potongan wortel, sayur brokoli dan lainnya.

Oh ya, bunda bisa kok mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lainnya seperti pasta dan roti misalnya. Atau, kentang goreng yang disantap dengan saus buatan sendiri akan memenuhi kebutuhan karbohidrat tanpa harus memaksa si kecil makan nasi. Bila perlu, buatlah cemilan dari tepung seperti pizza dan lainnya. Bagaimana, tidak sulit bukan untuk membuat menu makan sehat buat si kecil yang tipe pemilih?

Komentar