Ketahui Manfaat DHA Di Setiap Usia Si Kecil

Sebagian orang tua mungkin belum mengetahui manfaat DHA untuk anak. DHA merupakan jenis dari omega 3 yang terkandung pada ikan dan makanan laut. DHA tidak bisa lepas dari omega 3, karena keduanya dibutuhkan agar tubuh bisa berfungsi secara optimal. Selain itu kedua nutrisi tersebut baik untuk tumbuh kembang anak dan daya tahan tubuhnya. 

Hasil penelitian menyebutkan bahwa 8 dari 10 anak di Indonesia berusia 4-12 tahun masih kekurangan asupan DHA dan Omega 3. Padahal manfaat DHA sudah harus diberikan ketika dalam kandungan. Kedua nutrisi tersebut sangat penting untuk perkembangan otak anak. Berikut banyak DHA yang dibutuhkan oleh anak mulai dari dalam kandungan. 

1. Dalam kandungan

Selama kehamilan, DHA bermanfaat untuk meningkatkan IQ anak sampai usia 4 tahun. Konsumsi DHA selama kehamilan berjumlah 400 mg atau lebih setiap harinya. Vitamin yang dikonsumsi setiap hari belum tentu mencukupi. Oleh karena itu, konsumsi tambahannya adalah suplemen vegetarian tapi bukan minyak ikan, sebab mungkin saja mengandung merkuri. 

2. Umur 0-6 bulan

Di usia ini, DHA bermanfaat agar koordinasi mata dan tangan yang lebih baik dibandingkan bayi yang belum cukup asupannya. Bayi yang menyusui akan mendapatkan dosis cukup selama ibu mengonsumsi suplemen sebanyak 400 mg atau lebih setiap harinya. Jika bayi tidak menyusui, maka pilihlah susu formula yang mengandung 19 mg DHA per 150 cc sajian. 

3. Umur 6-24 bulan

DHA bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon penting untuk pertumbuhan otak anak yang pesat. Dibutuhkan setiap harinya sekitar 100 mg atau lebih setiap harinya. Karena usia 6 bulan anak mulai MP ASI, bisa dimulai berikan makanan yang mengandung DHA. Misalnya ikan, yogurt, sereal, susu. Ada beberapa jenis ikan di Indonesia yang memiliki kandungan DHA yang tinggi, misalnya ikan lele, gabus, dan lain sebagainya. 

4. Umur 2-5 tahun

Manfaat dari DHA untuk usia ini adalah untuk meminimalkan risiko mengalami ADHD, masalah penglihatan, dan depresi. Sedangkan jumlah yang harus dikonsumsi sebanyak 200 mg atau lebih setiap harinya. Sajikan ikan sampai empat kali setiap minggunya untuk mencukupi kebutuhannya. 

Itulah jumlah DHA yang harus dikonsumsi setiap hari anak-anak mulai dari masa kehamilan sampai usia 5 tahun. Bukan hanya anak-anak saja yang membutuhkan manfaat DHA, orang dewasa pun membutuhkan DHA. Jika masih ragu akan kecukupan nutrisi DHA pada anak, berikan susu yang mengandung DHA dan Omega 3 setiap hari dua kali sehari. Jangan tinda lagi, cukupi asupannya sedini mungkin agar perkembangan dan fungsi otaknya maksimal. 


Komentar