Meningkatnya penggunaan media sosial membuat platform-platform tersebut semakin populer. Media sosial seperti TikTok, Instagram, dan Facebook menjadi tempat terbaik untuk menjalankan kampanye pemasaran. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui pengertian, tujuan, dan strategi social media campaign atau kampanye media sosial. Simak artikel ini untuk informasi lengkapnya!
Pengertian Kampanye Media Sosial
Secara sederhana, kampanye media sosial merupakan kegiatan marketing atau pemasaran terarah melalui platform media sosial dalam periode waktu tertentu. Biasanya, kampanye selalu memiliki tema tersendiri. Temanya relevan dengan produk maupun target pasar sehingga pemasaran lebih terarah.
Tujuan Kampanye Media Sosial
Ada beberapa tujuan menjalankan kampanye media sosial, berikut di antaranya:
1. Mendorong Penjualan
Salah satu tujuan dari kampanye media sosial adalah mendorong penjualan. Contoh kampanyenya dengan memberikan promo menarik seperti diskon, cashback, kupon, dan lain-lain.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Tujuan utama kampanye media sosial biasanya adalah meningkatkan brand awareness. Seperti yang telah dijelaskan, media sosial adalah platform dengan pengguna terbanyak. Jadi audiens yang didapatkan lebih luas.
3. Meningkatkan Engagement
Melakukan kampanye di media sosial mendorong peningkatan engagement. Lama-kelamaan, pengikut juga akan mengetahui brand Anda. Engagement bisa berupa komentar, share konten, like, dan lain sebagainya.
4. Membangun Komunitas
Tujuan kampanye selanjutnya adalah membangun komunitas. Komunitas akan mendukung brand Anda dan mau memberikan rekomendasi pada pengguna lainnya.
5. Menghemat Biaya
Dibandingkan pemasaran konvensional, pemasaran digital seperti social media marketing lebih hemat biaya. Memang ada yang berbayar, namun lebih murah dibandingkan pemasaran konvensional. Selain itu, target pemasaran juga lebih terarah karena pengiklan bisa memilihnya sendiri.
Strategi Kampanye Media Sosial
Sebenarnya proses merencanakan dan menjalankan social media campaign cukup panjang. Secara singkat, berikut strategi kampanye media sosial:
1. Identifikasi Target Audiens Sesuai Tujuan
Saat akan menjalankan kampanye media sosial, Anda harus mengetahui target audiens. Target audience adalah orang-orang yang akan membaca iklan atau konten Anda.
Misalnya berdasarkan minat, preferensi, kebiasaan, demografis, dan lain-lain. Pemilihan target pasar harus disesuaikan dengan tujuan kampanye dan produk Anda.
2. Memilih Platform
Jika sudah mengetahui target pasar, Anda bisa memilih platform. Pasalnya setiap platform memiliki karakteristik audiens yang berbeda-beda. Misalnya Instagram dan TikTok berisi anak muda, sedangkan Facebook berisi orang-orang dari segala usia.
3. Mengembangkan Pesan yang Menarik dan Relevan
Poin terpenting dalam kampanye media sosial adalah mengembangkan pesan yang menarik dan relevan pada konten. Anda bisa menggunakan gambar, video, infografis, dan lain sebagainya. Konten wajib memuat pesan yang ingin Anda sampaikan. Buat secara kreatif dan berkualitas untuk menarik minat.
4. Mengatur Jadwal dan Frekuensi Unggahan
Konsistensi merupakan salah satu kunci kesuksesan kampanye media sosial. Anda perlu mengatur jadwal dan frekuensi unggahan. Pastikan mengunggah konten di waktu prime time agar audiens lebih banyak.
5. Pemantauan dan Analisis
Terakhir, Anda harus melakukan pemantauan terhadap hasil kampanye yang dijalankan. Lakukan analisis mendalam untuk mendapatkan hasilnya. Hasil tersebut akan digunakan untuk memperbaiki kesalahan dari kampanye yang dilakukan saat ini.
Jasa Digital Agency untuk Kampanye Media Sosial
Menjalankan campaign di media sosial memang cukup sulit untuk pemula. Namun tenang saja, Anda bisa meminta bantuan digital agency. Salah satu layanannya adalah social media marketing atau pemasaran media sosial. Jadi, bisa merancang dan menjalankan social media campaign.
Rekomendasi digital agency terbaik untuk Anda adalah IDEOWORKS.ID. Agensi yang berlokasi di Jakarta ini memiliki tim yang kompeten untuk menjalankan kampanye. Sebelum itu, Anda bisa berkonsultasi dengan tim IDEOWORKS.ID untuk menentukan ide dan tujuan. Informasi lain mengenai agensi digital ini bisa dilihat di website-nya.
Komentar
Posting Komentar